Ads Right Header

Buy template blogger

241 Mahasiswa PGSD Unika Santu Paulus Ruteng Siap laksanakan Magang di Sekolah

Foto Kegiatan Pembekalan Magang 2 Mahasiswa PGSD Unika Santu Paulus Ruteng (Sumber: Panitia)

Kontributor: Selvianus Hadun || Editor: Ricardus Jundu

Ruteng, PIJAKAN Rakyat- Sebanyak 241 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dari Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mengikuti kegiatan pembekalan Magang 2 pada Selasa, di Gedung Utama Timur (21/7/2023).

Acara pembekalan Magang 2 berlangsung di Aula Lantai V Gedung Utama Timur Kampus Unika Santu Paulus Ruteng (21/7/2023). Kegiatan ini merupakan persiapan bagi mahasiswa sebelum memulai Magang 2 pada Senin (24/7/2023).

Ketua Program Studi PGSD, Mikael Nardi, M.Pd., secara resmi membuka kegiatan pembekalan ini. Beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2017 Pasal 1 butir 8, Magang dilakukan oleh mahasiswa untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di sekolah mitra.

"Mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah, latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang adalah tahapan menjadi guru profesional," tegas Mikael.

Mikael juga menjelaskan bahwa mahasiswa menjalani dua kali kegiatan magang selama pendidikan mereka. Hal ini bertujuan untuk memantapkan kompetensi akademik mahasiswa PGSD.

"Mahasiswa PGSD harus ikut Magang 1 dan Magang 2. Magang 1 dilaksanakan pada semester tiga dan berorientasi pada pengamatan langsung kultur sekolah. Sementara itu, Magang 2 dilaksanakan pada semester lima dan dimaksudkan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di sekolah," jelasnya.

Dalam harapannya, Mikael berharap para peserta Magang 2 dapat mempersiapkan judul Proposal mereka untuk diseleksi menjadi judul Skripsi.

Mahasiswa PGSD Ikut Kegiatan Pembekalan Magang 2

Ketua Panitia Magang 2, Dr. Yuliana Wahyu, M.Pd., menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan Magang 2 adalah untuk melatih mahasiswa dalam mendalami kompetensi profesional, kepribadian, sosial, dan manajerial.

"Kegiatan Magang 2 ini bertujuan agar mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Mereka juga diharapkan dapat menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi masyarakat dan peserta didik," ungkap Dr. Yuliana.

BACA JUGA:

993 Mahasiswa Unika Ruteng Ikuti Kegiatan Pembekalan KKN dan Siap Turun ke Lokasi

Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang komunikatif, empatik, dan santun dalam kehidupan sebagai warga masyarakat serta mampu mengevaluasi dan membuat laporan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai administrator dalam tugasnya sebagai calon guru.

Dalam kegiatan pembekalan ini, peserta diarahkan untuk mengikuti pemamparan materi dari dua narasumber. Dr. Maksimilianus Jemali, S.Fil., M.Th., selaku pemateri pertama, berbicara tentang Inspirasi dan Implementasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, sementara Dr. Maria Senisum, S.Si., M.Pd., selaku pemateri kedua, memaparkan materi bertajuk Assesmen dalam Kurikulum Merdeka.

BACA JUGA:

Unika Santu Paulus Ruteng dan Universitas Warmadewa Resmi Jalin Kerja Sama melalui Penandatanganan MoU dan PKS

Kegiatan Magang II ini rencananya akan berlangsung selama 2 bulan, dimulai dari 24 Juli hingga 24 September 2023. Magang ini akan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur. Sebanyak 29 Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dari program studi PGSD akan mendampingi 241 peserta Magang II.

Kegiatan pembekalan ditutup dengan misa perutusan yang dipimpin oleh Pater Fransiskus Laka Lazar, S.Fil., M.Sc. (Redaksi PR)

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel