Ads Right Header

Buy template blogger

Sukses Menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, SMA Negeri 1 Mbeliling Siap Cetak Pelajar Berkarakter Unggul

Foto Kegiatan Pembukaan MPLS SMA Negeri 1 Mbeliling (Sumber: Panitia)

Penulis: Ricardus Jundu; Editor: Yati Kabut

Labuan Bajo, PIJAKAN Rakyat- SMA Negeri 1 Mbeliling selenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk menciptakan pelajar berkarakter unggul (20/07/2023). 

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini dibuka dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh kepala sekolah, guru, dan siswa. Kegiatannya berlangsung di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Mbeliling.

Maria H. Dewi Lastri, selaku kepala sekolah, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan MPLS kali ini, karena untuk pertama kalinya sejak menjabat, kegiatan ini diawali dengan upacara formal.

"Saya mengapresiasi kegiatan MPLS ini karena diawali dengan upacara formal dan kegiatan ini sebagai tahap awal bagi peserta didik baru untuk saling mengenal baik dengan teman-teman seangkatan maupun kakak kelas serta guru dan lingkungan sekolah," ujarnya.

MPLS di SMA Negeri 1 Mbeliling memiliki tujuan utama untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada para peserta didik baru. Kegiatan ini dianggap sebagai tahap awal bagi siswa baru untuk saling mengenal satu sama lain, termasuk sesama teman seangkatan, kakak kelas, guru, dan seluruh lingkungan sekolah.

Martinus Ola Rain, selaku ketua panitia menjelaskan bahwa momen ini merupakan momen penting sebagai tradisi yang baik untuk diwariskan karena peserta didik baru diterima secara resmi menggunakan adat Manggarai.

"Salah satu momen penting dalam acara pembukaan MPLS ini adalah proses penerimaan peserta didik baru secara budaya Manggarai. Tradisi ini dilakukan oleh peserta didik lama yang memberikan sambutan dan penerimaan kepada para peserta didik baru. Tentunya, hal ini mengakrabkan mereka dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam budaya Manggarai," jelas Martinus melalui pesan Whatsapp.

Lebih lanjut, Martinus menjelaskan "MPLS ini juga mencakup berbagai materi pendidikan, termasuk pelajaran tentang akhlak dan budi pekerti, serta informasi mengenai kurikulum yang berlaku di sekolah. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam bagi para siswa baru mengenai nilai-nilai dan visi-misi sekolah."

Setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan serangkaian permainan yang dipandu oleh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Tujuan dari permainan ini adalah untuk mempererat keakraban dan persahabatan antara peserta didik baru.

BACA JUGA:

Peningkatan Kualitas Pendidikan SD dan SMP di Kota Kupang Melalui Program Lopo Pintar

Hari kedua MPLS (21/07/2023) diisi dengan kegiatan Pendidikan Bela Negara dan Peraturan Baris Berbaris yang dipandu oleh Danramil 1612/06 Lembor beserta rekan-rekannya. Dalam kesempatan tersebut, Danramil menegaskan bahwa Bela Negara sejatinya mencakup sikap peduli terhadap sesama, kerja sama, toleransi, saling menghargai perbedaan, dan semangat gotong royong.

BACA JUGA:

Mahasiswa Agronomi Unika Santu Paulus Ruteng Melakukan Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Bahan Alami untuk Belajar Menjadi Petani Modern Masa Depan

MPLS di SMA Negeri 1 Mbeliling dijadwalkan akan berakhir pada 22 Juli 2023 dengan sebuah acara penutupan yang istimewa. Acara penutupan akan ditandai dengan menyalakan api unggun sebagai lambang semangat bagi para siswa untuk terus belajar, berkarya, dan berprestasi demi mencapai masa depan yang gemilang.

BACA JUGA:

Unika Santu Paulus Ruteng dan Dinas PKO Manggarai Barat Tanda Tangan Kerja Sama Bidang Penelitian Pendidikan

MPLS di SMA Negeri 1 Mbeliling bukan hanya sekadar memperkenalkan lingkungan sekolah, tetapi juga menjadi wadah bagi para siswa baru untuk membangun rasa kebersamaan, semangat kekeluargaan, dan persahabatan yang akan terus mengiringi mereka dalam perjalanan pendidikan di sekolah ini. (Redaksi PR)

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel