Ads Right Header

Buy template blogger

Mahasiswa Unika Ruteng Jalani PkM di 35 Lokasi dalam Semarak Natal 2023

Foto Rombongan Mahasiswa Sebelum Turun ke 35 Lokasi Asistensi Natal 2023

Penulis: Rudi Ngalu, Editor: Ricardus Jundu

Ruteng, PIJAKAN Rakyat– Sebanyak  2618 mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berlangsung di 35 paroki di wilayah Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, dan Ngada, mulai Sabtu (23/12/2023) hingga Selasa (26/12/2023). 

Kegiatan rutin tahunan yang dikenal dengan sebutan "Asistensi Natal" ini umumnya melibatkan mahasiswa dalam aktivitas liturgis, pertunjukan seni, bakti sosial, dan olahraga sebagai bagian dari upaya mereka untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Masing-masing kelompok mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini didampingi oleh seorang dosen pembimbing. Ini menegaskan komitmen Unika Santu Paulus Ruteng dalam mendukung dan memberdayakan mahasiswa untuk turut serta dalam pengabdian masyarakat. Kegiatan ini bukan hanya sebagai bentuk pengabdian, tetapi juga menjadi momentum penting untuk mempromosikan lembaga ke berbagai lapisan masyarakat.

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, RD. Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si, menyatakan, "Asistensi Natal ini bukan hanya sekadar kegiatan pengabdian, tetapi juga sebagai kesempatan emas untuk memperkenalkan Unika Santu Paulus Ruteng kepada masyarakat. Melalui aktivitas liturgis, pertunjukan seni, dan olahraga, kami berharap dapat membagikan nilai-nilai positif lembaga kepada masyarakat luas."

Sementara Wakil Rektor III Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Fransiskus Sawan, M.Pd dalam keterangannya mengungkapkan bentuk dukungan yang disiapkan lembaga  untuk semua kelompok mahasisiwa. 

“Dalam rangka menjaga kualitas kegiatan asistensi, pihak Wakil Rektor yang menangani bidang kemahasiswaan menugaskan beberapa dosen menjadi pendamping kegiatan asistensi. Lebih dari itu pihak Warek III juga menyiapkan beberapa dosen menjadi instruktur (pelatih koor) untuk memantapkan persiapan paduan suara setiap kelompok”, ungkapnya.

Setiap kelompok mahasiswa tidak hanya berpartisipasi dalam tugas liturgis, tetapi juga menampilkan pertunjukan seni dan olahraga sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya lokal. Dengan melibatkan sejumlah paroki di wilayah Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, dan Ngada, kegiatan ini mencerminkan komitmen Unika Santu Paulus Ruteng untuk berkontribusi secara nyata terhadap perkembangan sosial dan budaya di masyarakat. (Redaksi PR)

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel