Ads Right Header

Buy template blogger

KSP Yan Van Roosmalen Selenggarakan Rapat Anggota Tahunan Pertama Setelah Berbadan Hukum

Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP Yan Van Roosmalen (Sumber: Ricard Jundu)

Penulis: Ricardus Jundu || Editor: Yati Kabut

Ruteng, PIJAKAN Rakyat- Koperasi Yan Van Roosmalen menyelenggarakan rapat anggota tahunan (RAT) yang pertama setelah resmi memiliki badan hukum, pada Minggu (18/06/2023).

Pelaksanaan kegiatan RAT itu sebagai momentum perjumpaan semua anggota koperasi untuk membahas berbagai hal yang berkaitan dengan keberlangsungan koperasi. RAT perdana ini dilaksanakan di aula Efata Ruteng. Agenda kegiatan selain RAT yaitu pemilihan badan pengurus dan pengawas koperasi Yan Van Roosmalen yang baru.

Turut hadir dalam pertemuan itu yaitu ketua puskopdit, dinas kopnaker, pengurus lama, dan anggota koperasi Yan Van Roosmalen. Kegiatan RAT diwarnai dinamika yang menunjukkan bahwa koperasi Yan Van Roosmalen semakin bertumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik.

Semangat berkoperasi perlu diperkuat oleh semua anggota koperasi Yan Van Roosmalen karena koperasi ini bisa berkembang dengan semangat dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Hal itu disampaikan langsung oleh ketua puskopdit, Florianus Kampul dalam sambutannya.

"Koperasi bisa berkembang dengan baik karena alasannya adalah koperasi hadir dengan prinsip dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Koperasi tumbuh dengan baik bergantung dengan keaktifan anggota dalam berkoperasi" ujarnya.

Pada kesempatan yang sama ketua puskopdit Manggarai memberikan saran agar anggota koperasi Yan Van Roosmalen harus bisa membangun koperasi ini dengan baik. Ketua puskopdit pun membagikan tips bahwa anggota jangan hanya mengandalkan simpanan saham tetapi perlu juga aktif dalam simpanan non saham.

BACA JUGA:

BPJS NTT Berikan Program Rehab untuk Kemudahan Pelayanan dan Pembayaran Iuran Masyarakat

"Koperasi berkembang bergantung pada anggota, jangan hanya andalkan simpanan saham tetapi juga penting untuk menyimpan uang di simpanan non saham. Jangan juga pinjam di bank lalu simpan di koperasi atau pinjam di koperasi lalu simpan di bank, bagaimana koperasi bisa berkembang,"jelasnya.

Dengan didapatnya badan hukum untuk KSP Yan Van Roosmalen menandakan bahwa pengurus dan manajemen sangat serius untuk memajukan koperasi ini. Harapannya, koperasi ini secepatnya menjadi anggota penuh puskopdit karena dengan menjadi anggota penuh puskopdit maka koperasi Yan Van Roosmalen akan mendapatkan banyak bantuan. 

BACA JUGA:

Sharing dan Penutupan Bulan Rosario oleh Mahasiswa Angkatan 2020 Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng

Florianus, selaku ketua puskopdit menjelaskan salah satu keuntungannya yaitu koperasi Yan Van Roosmalen bisa melakukan pinjaman kepada puskopdit apabila permintaan pinjaman dari anggota banyak dan koperasi mengalami kendala berkaitan dengan keuangan.

Dinas koperasi dan tenaga kerja juga mengapresiasi badan pengurus lama karena sudah berusaha untuk mendapatkan status badan hukum dari koperasi Yan Van Roosmalen. Selanjutnya, KSP Yan Van Roosmalen ke depannya akan masuk koperasi binaan dinas koperasi dan tenaga kerja. Biasanya, dinas koperasi dan tenaga kerja memiliki program pelatihan bagi pengurus dan manajemen koperasi. (Redaksi PR)

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel