Ads Right Header

Buy template blogger

Institut Nasional Flores (INF) Sukses Selenggarakan International Joint Seminar Tahun 2023

Foto bersama setelah seminar (Sumber: panitia)

Editor: Tim Redaksi

Mbay, PIJAKAN Rakyat - Institut Nasional Flores (INF), sebuah perguruan tinggi terkemuka di Kabupaten Nagekeo, telah sukses menyelenggarakan International Joint Seminar on Education, Social Science, and Applied Science (IJESAS 1) pada (28/10/2023). 

Acara berlangsung secara hybrid, menggabungkan format offline dan online di meeting room Hotel Jayakarta, Labuan Bajo.

INF, yang diakui berdasarkan SK MENDIKBUD RI NO. 1074/M/2020 dan dioperasikan oleh Yayasan Flores Mentari, memiliki tiga program studi unggulan, yaitu Ilmu Pertanian (S1), Ilmu Perikanan (S1), dan Peternakan (S1). 

Dalam upaya untuk meningkatkan mutu lembaga dan menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, INF berkolaborasi dengan tiga lembaga lain, yaitu Asosiasi Pendidik Nusantara (Apentara), Dharma Samakta Edukhatulistiwa (DES), dan Borneo Riset and Education Center (BREC) sebagai Host dan Co-Host Program Studi PGSD. Universitas Muhammadiyah Kupang dan Universitas Samudra turut serta dalam keberhasilan acara ini.

Tema acara, "Camaraderie Toward Sustainable Prosperity: Accelerating Development on Applied Natural Sciences, Social Sciences, and Education at Post Pandemic," mencerminkan relevansi saat ini dalam meningkatkan mutu pendidikan dan ilmu pengetahuan di era pasca-pandemi. IJESAS 1 bertujuan sebagai forum media bagi peneliti, guru, mahasiswa, dan dosen untuk berbagi penelitian dan pengalaman.

Foto tangkapan layar kegiatan seminar (Sumber: Panitia)

Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor INF, Bapak Dr. Yohanes Freadyanus Kasi, M.Pd. IJESAS 1 menghadirkan pembicara utama yang berpengalaman di bidangnya, termasuk Prof. Phil. Ari Widodo, M.Ed. dari Universitas Pendidikan Indonesia, Prof Roel V. Avila, Ph.D. dari Philippine Normal Universitas South Luzon, Prof Hasan Ozgur Kapici dari Bogazici Universitas, dan Prof. Madya Dr. Nor Azwadi bin Che Sidik dari Universiti Teknologi Malaysia. 

Acara ini juga didukung oleh 30 narasumber undangan dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Internasional Indonesia, Universitas Lambung Mangkurat, dan Universiti Teknologi Malaysia.

Menurut Dr. Eddy, acara ini diharapkan dapat membangun diskusi dan kolaborasi yang berkelanjutan, mendorong kemajuan ilmu pengetahuan, dan mendukung pembangunan masyarakat yang lebih cerdas dan berkelanjutan di masa depan.

Ketua panitia IJESAS 1, Dr. Ari Syahidul Shidiq, M.Pd., mengumumkan bahwa acara ini mencapai kesuksesan besar dengan partisipasi 132 presenter, di mana 72 di antaranya telah memasukkan makalah lengkap untuk dipublikasikan oleh berbagai penerbit nasional dan internasional. Setidaknya 12 jurnal nasional telah bermitra dengan IJESAS untuk menerbitkan makalah yang telah melalui proses review ketat. 

Beberapa artikel hasil IJESAS akan diterbitkan di jurnal terindeks Scopus, seperti Saintifik.net, Journal CFD Letters, Journal of Advanced Research in Fluid Mechanics and Thermal Sciences, Advances in Science and Technology, Key Engineering Materials, Materials Science Forum, Solid State Phenomena, Defect and Diffusion Forum, serta Nano Hybrids and Composites. 

BACA JUGA:

Turnamen Futsal INF Cup 1 Resmi Dibuka: Mencari Bibit Unggul Futsal Nagekeo

Foto bersama setelah sukseskan kegiatan


Selain itu, acara ini telah berhasil mendapatkan kontrak dengan penerbit internasional terindeks Web of Science (WOS) seperti KnE Publishing.

Tidak hanya menjadi wadah bagi peneliti dan akademisi untuk berbagi pengetahuan, IJESAS 1 juga menciptakan peluang kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi antara INF dengan Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Kupang, dan Program Studi Pertanian, Peternakan, dan Perikanan serta Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

BACA JUGA:

Pengabdian Masyarakat Institut Nasional Flores di Desa Sawu, Mauponggo Berdampak Positif Bagi Masyarakat Pedesaan

International Joint Seminar on Education, Social Science, and Applied Science (IJESAS 1) telah sukses menjadi platform yang mempromosikan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, membuka peluang publikasi yang luas, dan mendorong kolaborasi akademik yang berkelanjutan. 

INF, sebagai tuan rumah acara ini, telah menunjukkan komitmennya untuk terus berkontribusi pada kemajuan pendidikan dan ilmu pengetahuan di Indonesia dan dunia. (Redaksi PR)

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel